Gesang Martohartono

Pak Gesang Martohartono atau yang lebih populer dengan nama Gesang, lahir pada tanggal 1 Oktober 1940 di Surakarta, Jawa Tengah. Beliau merupakan penyanyi dan pencipta lagu keroncong asli Indonesia. Pak Gesang mendapat julukan sebagi “maestro keroncong Indoneia”. Salah satu lagu yang sangat terkenal di Indonesia dan juga Dunia adalah lagu yang berjudul “Bengawan Solo”. Lagu bengawan Solo telah diterjemahkan kedalam lebih dari 10 bahasa termasuk bahasa Tionghoa, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan bahasa asing lainnya.

Lagu bengawan Solo diciptakan pada tahun 1940, ketika Pak Gesang masih berusia 23 tahun. Proses penciptaan lagu tersebut terinspirasi saat Beliau duduk ditepi sungai bengawan Solo. proses penciptaan lagu ini memakan waktu sekitar 6 bulan. Cukup lama untuk menciptakan sebuah lagu yang indah dan sangat populer hingga sekarang ini.

Lagu Bengawan Solo memiliki popularitas sendiri di luar negeri., terutama di Jepang. Bengwan Solo pernah dipakai dalam salah satu film layar lebar Jepang.

Namun, lagu Bengawan Solo ciptaan Pak Gesang dibajak oleh orang belanda, penulis menonton acara berita televisi di SCTV, akhir bulan April 2010 kemarin, ini salah satu yang membuat kesehatan Pak Gesang Turun Drasatis, dan harus dirawat di Rumah Sakit. Pak Gesang Martohartono tutup usia pada tanggal 20 Mei 2010 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo.

Nama Lengkap: Gesang Martohartono
Nama Populer: Gesang
Tanggal Lahir: 1 Oktober 1940
Tempat lahir: Surakarta, Jawa Tengah
Wafat: 20 Mei 2010
Pencipta lagu: berbagai lagu keroncong, seperti Bengawan Solo, dan lain-lain.
Julukan: “Maestro Keroncong Indonesia”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: