Pembuatan Photo Pre-Wedding HARAM!!!

Masih Berlanjutkan dengan pembahasan haram, haram, dan haram.

Sementara, untuk pembuatan foto pre wedding diharamkan juga untuk 2 hal, yaitu bagi pasangan mempelai dan fotografer yang melakukannya. Untuk mempelai diharamkan apabila dalam pembuatan foto dilakukan dengan dibarengi adanya ikhtilat (percampuran laki-laki dan perempuan), kholwat (berduaan) dan kasyful aurat (membuka aurat).

Sementara pekerjaan fotografer pre wedding juga diharamkan karena dianggap menunjukkan sikap rela dengan kemaksiatan. Untuk pelaksanaan bahtsul masa’il FMP3 kali ini merupakan yang ke XII dan digelar bertepatan dengan jelang perayaan seabad Pondok Pesantren Lirboyo. Kegiatan ini diikuti 248 perwakilan dari 46 pondok pesantren putri se Jawa Timur.

Juru bicara Forum Musyawarah Pesantren Putri, Nabil Haroen, mengatakan kegiatan merupakan rangkaian peringatan seabad Pondok Pesantren Lirboyo. Seluruh perwakilan santri berkumpul di Kediri sejak Rabu (13/1) sore. Mereka membahas persoalan yang terjadi di lingkungan pondok maupun daerah masing-masing agar tidak menimbulkan keraguan. “Ini forum intelektual santri yang digelar dua kali dalam setahun,” kata Nabil.

Sementara dalam pembukaan acara tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, KH Idris Marzuki, meminta kepada seluruh santri untuk menjadikan Bahtsul Masail ini sebagai ajang mencari kebenaran dan silaturahmi tanpa memilih pemenangnya. “Ini bukan forum menang-menangan,” katanya.
Sumber : Poskota

Iklan
Ditulis dalam Berita. 7 Comments »

7 Tanggapan to “Pembuatan Photo Pre-Wedding HARAM!!!”

  1. miphz Says:

    Makan ayam goreng halal atau haram? Tentulah belum tentu, karena jika ayam curian, ya haram. Kalau seseorang mentraktir makan ayam goreng sementara teman yang ditraktirnya hanya dikasih makan tempe, lain lagi hukumnya. Makan ayam goreng secara demonstratif di depan orang berpuasa malah bisa haram, bisa makruh, bisa sunnah. Haram karena menghina orang beribadah. Makruh karena bikin ngiri orang berpuasa. Sunnah karena ia berjasa menguji kesabaran orang berpuasa.Mari kita lebih membumi di dunia yang sementara ini. 😉

  2. poundra Says:

    Haram? terus yang tidak haram apa?
    Agama itu urusan Iman…! hanya diri sendiri dan Allah yang tau…. koq sok Ngatur?????

  3. joko Says:

    ayo kita para muslim jangan cuma makmum aja ngomong haram ato halal…cari kebenarannya atas dasar apa jadi haram atas dasar apa jadi halal???kita muslim bukan cuma boleh ikut2an aja,hati-hati ngomong haram atas sesuatu yang masih belum jelas.

  4. arya Says:

    mari kita urusi masalah kemiskinan negara ini ketimbng mencari-cari masalah baru.

  5. dewiq Says:

    .kLo pre wed haram ,
    .pacaran jg haram dunk ?
    .smentara jaman ckrg ne kn pacaran dh mjd suatu haL yg sgt biasa . .

    .saranq ,
    .kLo mw mgharamkan prewed skLian ja haramkan pcaran . .
    .cz org gk mgkn ngLakuin prewed kLo gk pcaran dLw . .
    .kLo mw dbrntas ,
    .brntas akarx dunk jgn ujungx . .

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Adapun Pacaran itu sudah pasti haram hukumnya tanpa adanya Fatwa dari MUI, jadi gak perlu difatwakan Lagi…

      dalam islam cuma ada ta’aruf kemudian langsung deh di hitbah….
      langsung nikah, gitu aja kok repot….

      • RIDH Says:

        Yang penting sekarang sdr2ku pelajari Al-Quran & Hadith dengan benar. Allah banyak berfirman tentang bagaimana menjaga dan melindungi perempuan dari fitnah. Jadi jangan cuma menentang tanpa pengetahuan atau sedikit pengetahuan tentang Islam. Pelajari Al-Quran! @ Tri Yugo Winarko, Syukron! Allah bless you always!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: