Facebook Haram???

facebook haramBerita mengejutkan dari Jawa Timur, para ulama Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) menyatakan fatwa Haram bagi Facebook. Pernyataan ini dikeluarkan saat pembahasan di forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. “Ini merupakan hasil pembahasan terakhir yang kami lakukan semalam. Intinya, larangan ini kami keluarkan sesuai dengan aturan yang sudah ada dalam ketentuan agama” kata salah satu anggota perumus Komisi C FMP3, Masruhan.

Namun fatwa ini menuai kecaman dari beberapa pengguna Facebook. Bapak Blogger Indonesia dan pengamat internet Enda Nasution menganggap itu kurang kerjaan dan terkesan seperti fatwa lucu-lucuan ala ulama.

“Tanggung, kalau gara-gara penggunaan Facebook berlebihan, terus dikeluarkan fatwa haram. Sekalian saja penggunaan internet, ponsel, dan semua hal yang berlebihan di fatwa-kan haram,” tegas Enda yang juga anggota Facebook aktif.

Para ulama menganggap pertemanan spesial berlebihan yang dilakukan di Facebook haram, karena pada Facebook pertemanan yang secara spesial tanpa tujuan keseriusan. Jika pertemanan spesial untuk mengenal dan diteruskan dalam hubungan pernikahan diperbolehkan, namun pada Facebook tidak seperti  proses khitbah (pinangan atau lamaran),.

Jadi pengharaman ini hanya berlaku untuk pertemanan spesial yang berlebihan saja, namun tetap halal jika sesuai manfaat dan penggunaannya. 

Setujukah Anda jika FaceBook diHaramkan???

Iklan
Ditulis dalam IPTEK. 3 Comments »

3 Tanggapan to “Facebook Haram???”

  1. ancokk Says:

    ANCOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

  2. fuadi lkirom Says:

    banyak membuang waktu dengan percuma……..sia sia serta mengalihkan seorang muslim dari zikir kepada ALLAH ke arah perbuatan lagho………serta bisa menjadikan seseorang banyak melakukan korupsi waktu bagi seorang karyawan

  3. YUSUF AL BUKHORI Says:

    TIDAK.!!!!
    alasannya ialah karena facebook adalah salah satu jejaring yang sngat membantu kita di dalam mncari teman, toh orang yang banyak temannya kan banya rezekinya, karena rezeki adalah sumbernya dari ALLAH dan kita dapatkan melalui perantara yaitu MANUSIA.!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: