Flu Babi Telah Masuk Indonesia…!!!

Babi-FluTidak hanya di Mexico, virus Flu Babi yang telah menyerang dunia maya yang disinyalir telah menginspirasi seorang Mexico untuk membobol informasi dari sebuah Bank, ternyata di Indonesia telah pula muncul virus dengan nama serupa yang siap menginfeksi sistem yang ada. Beberapa nama klasifikasi untuk virus tersebut antara lain : W32.FluBabi(AVG, Sophos, PCMAV, NOD32),Worm.Win32.FluBabi (Kaspersky), i386.SwineFlu (Clamav-Linux),i386.OSX.SwineFlu(Mac OSX).

Virus tersebut mengakibatkan efek yang sangat beragam. Mulai dari hal yang ringan hingga kerusakan berat. Misalnya untuk gangguan ringan seperti menggelapkan monitor selama 5 menit, memunculkan kotak dialog setiap satu jam dan membuat user account baru, atau mampu me-restart computer dan membuat blue screen on death (BSOD). Sedangkan untuk kerusakan parah yang ditimbulkan antara lain adalah dapat memformat hardisk. Dan yang paling berbahaya adalah mengubah setting driver ACPI sehingga mengacaukan voltase power supply, yang bisa mengakibatkan mainboard dan komponen elektronik lainnya terbakar.

Enkripsi yang digunakan pada file induk (antara 120 kB sampai 125 kB) sangat rumit. Di semua sistem operasi virus ini mengkopikan file induk dan anak-anaknya ke folder sistem. File-file anak virus bisa berwujud doc, ppt, xls, rtf, jpg, gif, mp3, wav dan exe. File-file ini tidak tampak mencurigakan karena ikon, keterangan dan header file sama persis dengan file yang disamarkan.

Sampai ditemukan vaksinnya, harap Anda berhati-hati terhadap virus Flu Babi. “Virus W32.FluBabi sangat sukar dideteksi bahkan dengan antivirus terbaru sekalipun. Ini adalah PR besar bagi kami, ” komentar Anton R Pardidi, pimpinan pengembang PCMAV.

Dengan teknik social enginering yang cukup rapi, virus Flu Babi mampu mengecoh ribuan pengguna komputer dalam beberapa hari saja. Jika anda menemukan file rahasia.doc, nisa-imoet.jpg, curhat.rtf, rapat-penting.ppt, daftar-gaji-karyawan.xls, ST12_underc0ver.mp3, harap jangan dibuka. Segera kirimkan ke Lab PCMAV untuk diperiksa lebih lanjut.

Tanda-tanda komputer terjangkit virus Flu Babi antara lain:

  • Komputer restart sendiri
  • Muncul berbagai kotak dialog konyol setiap 1 jam
  • Layar monitor padam selama 5 menit
  • Komputer tiba-tiba hang
  • Komputer blue screen
  • Laci CD ROM membuka dan menutup sendiri.
  • Harddisk terformat
  • Mainboard, VGA card, soundcard dll terbakar

Jika komputer anda telah menunjukkan gejala-gejala seperti di atas, segera hubungi pihak yang berwenang (dokter komputer) untuk penanganan lebih lanjut.

Iklan
Ditulis dalam Berita. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Flu Babi Telah Masuk Indonesia…!!!”

  1. dedy S Says:

    wow,,, Lucu JUga Ceh NgEbacaNya…… Ad NgerInYa Juga.,l..,#^%&*#^%*&#%

    PRaH NTu Ya<.,.,.,.,.,.,.,.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: