Tips Memilih Laptop Bekas dan Berkualitas

Note Book

1. The Budget

Sebelum membeli, sebaiknya terlebih dahulu menentukan berapa besar budget yang akan dikeluarkan. Dari budget tersebut barulah dapat dipertimbangkan faktor-faktor lainya.

 

2. For What Needs

Kriteria terpenting dalam memilih laptop adalah untuk keperluan apa laptop tersebut kita gunakan. Apakah laptop yang dibeli untuk menggantikan PC desktop biasa atau untuk dapat dibawa-bawa dalam perjalanan. Selain itu, pekerjaan apa yang kiranya akan dilakukan dengan laptop tersebut. Apakah hanya untuk keperluan office application atau untuk keperluan yang lebih besar seperti design. Perbedaan perilaku penggunaan laptop ini akan menentukan laptop yang sebaiknya dipilih.

 

3. Bettery’s Condition

Setelah menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan baterainya masih dalam kondisi prima. Karena dalam paket pembelian, garansi baterai yang paling cepat habis karena memang elemen inilah yang paling mudah rusak. Yang perlu diuji adalah kemampuan charging dari adaptor dan daya tahan dari baterai tersebut. Jika memang kondisi sudah parah, kita bisa meminta potongan harga karena tentunya kita harus membeli baterai baru.

 

4. Lifetime

Sangat tidak disarankan untuk membeli laptop yang berusia diatas tiga tahun. Selain karena usia komponen didalamnya sudah tua, jika terjadi kesalah dengan salah satu komponen agak sulit untuk mencari sparepartnya.

 

5. Graphic Purpose

Untuk beberapa laptop, ada yang menggunakan shared graphic card, ini berarti memori untuk keperluan grafis dari RAM. Laptop ini kurang sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan grafis tinggi seperti desain dan game. Untuk notebook dengan dedicated graphic card, ada baiknya memilih VGA card dengan kemampuan cukup tinggi. Karena menggantikan VGA card pada laptop merupakan hal yang agak sulit.

 

6. Component Condition

Komponen luar yang paling mudah dilihat adalah kondisi casing. Lumrah memang jika sebuah laptop second sudah memiliki goresan dipermukaan, tapi jika goresan yang ada terlalu banyak tentu bias mengganggu. Pastikan juga casing tersebut tersebut masih asli atau belum dicat. Komponen lainya yang harus diperhatikan adalah LCD. Pastikan LCD masih berfungsi normal, belum terdapat death pixel dan belum tergores. Selanjutnya adalah optical drive dan floopy drive. Untuk optical drive, baik DVD RW, DVD ROM, CD RW, CD ROM atau combo drive, pastikan kondisi optiknya masih berjalan dengan baik. Perhatikan juga DVD RW dan CD RW masih bisa menulis dengan baik.

 

7. Available Ports

Pastikan semua port yang ada, mulai dari port USB, port VGA, port modem, port Ethernet, port Firewire masih bias berfungsi dan belum longgar.

 

8. Available Drives

Pastikan seluruh driver yang didapat dari pabrik masih lengkap. Jika tidak lengkap, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli laptop tersebut. Karena tanpa driver tersebut kita tidak mungkin memformat ulang hardisk.

 

9. Warranty Card

Jika memang laptop second yang dibeli masih memiliki garansi, tanyakan layanan purnajual apa saja yang diberikan. Jangan lupa untuk meminta kartu garansi dan faktur pembeliannya.

Selamat mencoba tips-tips saya, semoga bisa membantu Anda….

Ditulis dalam IPTEK. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: