Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta

Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) yang berbasis Nahdiyyin ini didirikan oleh Al-mukarom KH. Mufid Mas’ud, Alm. bersama oleh istri beliau yang bernama Ibu Hj. Jauharoh, Almh. yang juga merupakan putri dari pendiri Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta yaitu KH. Munawwir. PPSPA berdiri pada bulan Desember 1975, hingga sekarang santri dari Pondok Pesantren ini telah mencapai 2500 santri. Al-mukarom KH. Mufidz Mas’ud telah wafat pada tahun 2007, kemudian pimpinan Pondok diserahkan kepada putra beliau KH.Mu’tasyim Billah SQ.Mpd.i.

Pondok Pesantren Sunan PandanAran (PPSPA) selain mendidik santrinya untuk belajar agama Islam, tapi juga menyediakan pendidikan formal berupa Raudhatul Athfal (RA)  Sunan PandanAran (Setingkat TK) , Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan PandanAran (Setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan PandanAran (Setingkat SMP), Madrasah Aliyah (MA) Sunan Pandan Aran (setingkat SMA), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandan Aran (STAISPA). Sejak berdiri PPSPA memang berkonsentrasi dalam bidang Al-qur’an, untuk itu tingkatan khataman di PPSPA terdiri dari tiga tingkatan, yaitu tingkat pertama khataman Juz’ama (hafal juz 30), tingkat kedua khataman Bin-nadzor (khatam Juz 30, Surat Al-Kahfi, Surat Yaasin, dan Surat-surat Pendek), dan tingkat teratas khataman Bil-Ghoib (hafal dari Juz 1 sampai juz 30). Selain konsentrasi Al-Qur’an, PPSPA juga mengajarkan al-kitab dan bahasa asing (Arab dan Inggris).

PPSPA yang beralamat di Jl. Kali urang Km.12,5 Candi Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DI. Yogyakarta memiliki enam komplek, yaitu komplek I digunakan untuk Hufadz (penghafal Al-Qur’an) Putra, Komplek II untuk Hafidzoh (Penghafal Al-Qur’an) Putri, Komplek III Putra untuk Siswa MTs dan MA Sunan Pandan Aran Putra, Komplek III Putri untuk siswi MTs dan MA Sunan Pandan Aran Putra (Putra dan Putri terpisah), Komplek IV untuk Mahasiswa, Komplek V untuk Mahasiswi, dan Komplek VI untuk lanjut usia yang ingin belajar mengaji. Untuk komplek MA dan MTs santri wajib sekolah di Instansi yang telah disediakan Pondok Pesantren, dengan tujuan agar lebih kondusif dalam mengatur kegiatan, antara kegiatan sekolah dan pesantren. sedangkan Komplek mahasiswa baik putra maupun putri diberi kebebasan untuk memilih Kampus dan tidak harus di STAISPA.

Selain mengaji setiap hari di masing-masing komplek PPSPA juga mengadakan event tahunan yaitu Khataman, setiap tanggal 17 Sya’ban. Ada juga event bulanan, yaitu pengajian mujahadah Akbar yang diadakan setiap hari kamis wage ba’da ‘asar.

Serius banget bacanyalah, santai aja Akh…. ternyata susah juga ya bikin bahasa formal, nah di tempat itu ane terpenjara selama 3 tahun (2004 sampai 2007), tapi enak ko tinggal dipenjara suci, nyatanya keluar dah bisa khotbah, ngisi ceramah, ngajar ngaji, maen bola (eh, gak nyambung ya…), yach yang terpenting nyari bekal untuk hidup kita di akhirat kelak. Eh bukan Cuma di akhirat aja, di dunia juga butuh cink….

Segitu dulu ya, kalo ada yang ditanyain bisa tinggalin comment atau kalo tertarik bisa add FB. Syukron Jazilan….

Ditulis dalam Biografi, Islam. 110 Comments »

110 Tanggapan to “Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta”

  1. arida Says:

    TOP BWANGEEEEET DECH

  2. candra u.w Says:

    assalamu’alakum wr.wb..
    saya candra adalah sorang mahasiswi smester VI di UGM,,bberapa waktu trakhir saya memikirkan untuk msuk pondok psantern putri,,jujur karena dari hati yang paling dalam saya ingin lebih mndalami agama islam.karena sya merasa hanya memahami sbatas prmukaan sja thdap agama yang saya anut,,orang tua saya blum tahu mngenai keinginan saya,,di kampus saya juga mngikuti kgiatan pcinta alam,,dan mnurut sya ini adalah kgiatan yang brmanfaat walaupun banyak orang yang berpandangan negatif.mohon saran dan nasihatnya.
    wassalamu’alaikum wr.wb…

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Luar biasa niat Antum…..
      tapi mohon maaf jika kita masih seumuran dah nasihatin…….
      bukan nasihatin, tapi cuma saling ngingetin aja….

      Sdri. Candra baik dan sangat bagus sekali jika Antum mau tinggal di pondok pesantren, karena dengan Anda tinggal di pondok pesantren dan mengikuti kegiatan-kegiatannya, secara otomatis itu semua akan menjadi kebiasaan Anda dikemudian hari. dan sebaiknya Antum moho restu kepada kedua orang tua, karena ridho orang tua adalah ridho Alloh SWT.

      Ane sangat apresiaisi sekali dengan niat Antum, dan semoga bisa mengikuti semua kegiatan pondok dengan baik dan bisa mengamalkan dikemudian hari.

      oh, iya kalo butuh bantuan bisa add aja di FB.
      mks.

    • brenda Says:

      Hello

      My name is brenda,i am searching for a man that is trust worthy and loving and
      a caring man who understand the real meaning of love as a trust in each other a
      mature man that will be faithful to me and will understand that a real love does
      not count distance or color,contact me with this e-mail (brendabosconn1@yahoo.in)
      i got you address on i will tell you more about me with my photo’s ok,
      i’m waiting to hear from you ok!

      brenda.
      brendabosconn1@yahoo.in

    • berlian Joshua Simorangkir Says:

      saya adlh santri Pondok Modern Gontor Putri 1 .. pondok modern gontor menerima berapapun umur manusia mau 60 thn pun gontor akan menerimanya asalkan lulus pada saat d uji .. kemaren ketika sya masuk gontor ada seorang santri wati yg sudah lulus D3 mengulang lg menjadi siswi 1 KMI d gontor .. gontor pun menerimanya walaupun dia sudh lulus D3

  3. zila Says:

    Assalamualaikum wr wb. Yth: dngn hormat ada sdkt pertnyaan…berapa biaya pendaftaran/dan perbulan siswa smp.apkah lokasi pesntren dan sklah sama ataukan sekolah dlokasi luar pesntren.mhon jwbn krn saya mencri pesantren buat anak term ksh wassalam wr wb horma :zila

    • Tri Yugo Winarko Says:

      untuk biaya Ane kurang paham, nanti bisa ditanyakan via FB aja, ane carikan informasinya….

      untuk lokasi sekolah dan pesantren berada di tempat yang sama, dan dilokasi yang sama. sekolah dipisah antara Putra dan Putri.

      demikian yang dapat ane jelaskan, jika ada pertanyaan tanyakan via FB aja. terima kasih….

  4. ema Says:

    bagus bgt content2nya…..dibanding punyanya kita, memprihatinkan:-(

  5. ema Says:

    go…itu ada yg salah dikit. yg bener sunan pandanaran. aran nya sekarang digabung semua biar seragam

    • Tri Yugo Winarko Says:

      oh,udah ganti to Bu???
      berarti sekarang singkatannya PPSP????
      yawdh, manut ma yang punya….langsung saya ganti Bu……
      nuwun Bu…..

  6. jombang Says:

    mw tanya mas…kamar k yang paling bagus nomer berapa y…?

  7. enda Says:

    ppspa memang tidak ada duanya

  8. yohana Says:

    Assalamualaikum Wt,Wb
    Saya yohana,saya berniat belajar agama,tapi saya sudah menikah.apa masih di terima?

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Wa’alaikummussalam warohmatullohiwabarokatuh….
      mba Yohana, belajar apa aja, mau belajar agama sampe belajar matematika wajib bagi umat islam mulai dari lahir sampai meninggal.
      semuanya tergantung NIAT!!!

      • VDlvery Polaite Says:

        asqumm
        maaf sebelumnya bila saya dalam mengetik ada yang gak sopan
        mau numpang nempel tulisan nih
        ehm gimana nih ponpes sunan pandanaran kemajuannya dalam bidang studing nya
        ..
        salam ea buat anak’” santry ea
        by alumnie 23 bndg

  9. tsalitsah Says:

    assalamu’alaikum,,,ezzayyik??

  10. alfin Says:

    jon, bahasa mu lho….

  11. sutrisno Says:

    assalamu’alaiqum, akhi boleh tanya gak kalo saya sudah kerja pengen ikutan ngaji di tempet akhi mash bisa g ya tapi saya gak bisa kl hrs tinggal di pondok soalnya saya diminta harus jaga kantor ama bos. saya pengen banget memperbaiki diri ini, pengen belajar ilmu agama. makasih. atas balasanya. wasalamu’alaikum

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Boleh Akh, dateng ke Pondoknya langsung, tu ada alamatnya….
      ke komplek 1 aja akh…
      Jl. Kali urang Km.12,5 Candi Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DI. Yogyakarta.

  12. Budi Sulistyo Says:

    GOOD GOOD GOOD
    DO YOUR BEST FOR ALLAH AND ALL HIS CREATURE
    IS MY HOPE FROM YOU

  13. Agustinus Ontong Kusuma Says:

    Assalammualaikum Wr. wb.
    Perkenalkan saya seorang mahasiswa Universitas Sanatha Dharma. Pada tanggal 2-3 Juli 2010, saya bersama dengan beberapa teman dari beberapa universitas, berkunjung ke Pondok Pesantren Pandanaran ini. Kami merasa senang atas persaudaraan yang boleh kami rasakan. Dan bagi saya pribadi, amatlah disayangkan jika hilang karena komunikasi yang tidak berlanjut. Karena saya masih kuliah di Jogja, ada keinginan untuk datang berkunjung ke Pondok Pesantren pandanaran ini. Kalau boleh tahu, adakah jadwal berkunjung di Pondok Pesantren Pandanaran?, sekedar mampir minum , hehehe…
    Saya juga ingin merasakan bagaimana berbuka puasa bersama para santri di sana.

    Matur Nuwun.
    -Ontong-

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Wa’alaikum………
      wah, kapan ada waktu langsung maen aja mas………
      kalo siang jam 13.30 – 14.30,
      kalo sore jam 16.00 – 17.30,
      atau malem jam 20.00 -22.00,

      kalo mu ikut buka pastinya pas jam buka dunk………..
      kalo mu ikut saur juga boleh,
      tapi enaknya nginep.
      maen aja mas, free for all……..
      hehe……..

      • mamang boijes Says:

        ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
        bisssssssssaaaaaaaaaa ente.
        ente cerdas gehhhhhhhhhhhh
        udah cakep,cerdas,pinter,kreatif lagi,
        dilanjut bro……………

    • Agustinus Ontong Kusuma Says:

      Asalamu’alaiqum. Minggu, 18 September 2011, kira-kira pukul 14.10 saya akan datang bersama kurang lebih 20 mahasiswa (ada juga para suster) untuk sekedar silaturahmi. Sebagian besar dari kami belum pernah sampai ke Pondok Pesantren Pandanaran, jadi kami juga ingin mengenal Pondok Pesantren Pandanaran.

      Ketika lebaran saya sudah mencoba mengontak Mas Sakho dan tanggal 18 inilah para santri sudah kembali ke Pondok… jadi kami memutuskan untuk datang ke Pondok Pesantren tanggal 18 September 2011 ini…

  14. Wahyu Says:

    mohon info lengkap dong untuk ponpes tingkat SD/MI ada gak, ditunggu kabarnay via email : giyas.2814@yahoo.co.id atau sms ke 02193379376 – 08128580017. balas

  15. ramdhan Says:

    assalamu’alaikum. wr.wb

    saya sudah tidak melanjutkan sekolah saya, saya ingin menyantren dan menuntut ilmu disitu.
    dan yang jadi pertanyaan saya adalah:
    bagaimanakah seorang santri yang tidak bersekolah seperti saya yang ingin menyantren disitu?
    sekian pertanyaan dari saya, mohon jawaban dari anthum, saya tunggu!

    walaikum salam wr.wb

    • Tri Yugo Winarko Says:

      Jika sudah tidak bersekolah bisa nyantri di PPSPA dengan mendaftar di Pon. Pes. Sunan Pandanaran Komplek 1, Jl. Kali Urang Km.12,5, Sleman, DI. Yogyakarta.

  16. harpin Says:

    ass….. saya atas nama harpin dari universitas haluoleo, saya sangat tertarik dengan kurikulum yang di terapkan di ponpes pandanaran, oh ya… kebetulan aku punya adik yang sekolah madrasah aliyah atas nama Nusrindar, saya harap agar di bimbing dengan baik, agar pada saat kembali ke’sini di kendari agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, tolong di sampaikan salam aku untuk anak kendari yang sekolah di ponpes pandanaran, khususnya adik saya…….

  17. lulu ummaknun Says:

    hai,saya alumni pandanaran,walau cuma sebentar,tapi indah banget.bwt mbak hamidah tusy syarofah “mbak,msh inget aku ora..sg di ajak jalan2 aring kali urang

  18. reena Says:

    assmkm…
    mw nanya.. d pandanaran ada pesantren buat fakir miskin g to??
    tu modelnya gm??
    trus low mw tau info selanjutnya menghub sp y??

    • Tri Yugo Winarko Says:

      wlkm,
      kalo santri yang tidak mampu, bisa ikut menjadi santri mandiri (SaMan), mondok atau sekolah gratis, tapi harus ikut kerja di dapur, dsbgainya. banyak juga yang jdi saman ko……..

      bisa hubungi Sumanto 081328614641 atau Purwoto 081392697977 atau Hafidzoh 085228255099

  19. NISWAN Says:

    ass…
    saya pny saudara cewek dan sekarang sdh klas 2 (VIII) SMPN. Apakah di pesantren terima pindahan dari sekolah lain?

    • Tri Yugo Winarko Says:

      saran saya lebih baik diluluskan dulu SMPnya, setelah lulus baru masuk Pesantren dengan sekolah di Madrasah Aliyah Sunan Pandan Aran.

  20. NISWAN Says:

    Assalmkm Wr Wb
    Mungkin Mas Tri mungkin ada saran lain, sy sdh cb pertanya jg ke PP yg lain kurang lebih sama sarannya bahkan ada yg tdk menerima siswa pindahan. Sehubungan ibunya adalah seorang mualaf dan semua keluarganya beragama Kristen dimana pihak keluarga ibunya jg menawarkan untuk pindah ke sekolah susteran Katolik dan mereka siap membantu pasti diterima di sekolah susteran. Sesuai kesepakatan keluarga bila tidak bisa masuk di PP manapun maka sangat terpaksa kami relakan untuk sekolah di susteran katolik.
    Mas Tri, saudara sy ini bukan anak nakal dan tdk ada masalh dng sekolah bahkan kenaikan kelas 2 dia masuk 9 besar, akan tetapi teman teman pergaulannya di lingkungan sekolah yg membuat orang tuanya sangat khawatir.
    Maaf ya mas Tri byk bngt nih tulisannya. Semata mata sy hanya ingin menyelamatkan masa depannya dunia akhirat.

    wasllam

  21. zhizhi Says:

    wakhhh,,,spa emang t o p b g t dc..salut ..salut,,tiap malem mjlang UN santri2.a pada ziarah k makom abah..untk mnta do’a,,walopun ujan santri2 tetep pd ziarah,,wakh santri2 spa the best student dc,,

  22. alfin Says:

    tooop bgt dechhh pokoknna……
    MTS spa semoga terakreditasi dngn baik dech….
    gmna nich d sna msh hjn abu g…
    y dah wss.wr.wb

  23. endang s Says:

    Assalamu’alaikum..
    saya akan menyekolahkan anak saya ke pondok pesantren, saya berminat sekali di Sunan PandanAran karena tahun ini insya Allah dia lulus SD, untuk registrasi di Mts Sunan PandanAran tahun 2011 dimulai nya kapan ya… bisa kirim brosurnya ke email saya
    terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  24. ismail Says:

    Assalamualaikum.
    Mas saya berniat menjadi santri baru di pesantren ini saya berniat untuk menjadi santri mandiri karena kondisi keluarga saya yang kurang mampu.apakah di pesantren pandanaran masih kah ada pembukaan pendaftarannya?.dan apa saja persyaratnnya.

  25. itmamul faizin Says:

    Assalamu’alaikum??
    saya berniat untuk menjadi santri d ponpes pandanaran…dan saya ingin menempuh pendidikan umum…apa saja persyaratannya dan kapan pendaftaran di buka??serta rincian biaya pendidikan dan ponpes selama 1 tahun ajaran??
    terimakasih..
    wassalam..

  26. sabar rahayu Says:

    rencana mau memasukan sekolah pesantren buat anaku. sekarang anakku baru SD kelas 5. rencana masuk di Madrasah Tsanawiyah (MTs) (Setingkat SMP), saya minta persaratan dan berapa pembayarannya terimakasih atas balasannya.

  27. muna inas Says:

    assalamu’alaikum…
    saya ingin tanya , untk skolh tingkt mngh atas aliyah apa sma ya…?
    dan kira2 trakhir pndftrannya kpn ya…?

  28. jafarudin Says:

    go minta alamat email temen2. klo tau tolong d krim y(tmen kls kamu

  29. safitri Says:

    Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh..
    saya safitri..saya mau minta solusi milih antara pesantren atau smk. jujur saya sangat berminat di pondok. selain dapat mempertebal iman dapat juga mengetahui islam secara menyeluruh. tapa orang tua saya kurang setuju saya kesana, karena kendala biaya pondoknya yang harus tiap bulan di bayar. saya mohom saran dari Ustad tentang saya harus memilih yang mana? terimakasih..
    Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

  30. elmoena Says:

    asslamkum….PPSPA tercinta knal kan ane alumni PPSPA thn 2008 nama ane biasa di panggil mumun !!! titip salam buat guru2 yg pertam slm buat pak huda, bu ema ,bu retno, pak manto, pak slamet, pak budi, pak habib dll salam kangen…!!!! insya’allah ba’da lebaran ke jogja berkunjung ke PPSPA

  31. astri Says:

    like this

  32. Jauhar Ma'aliy Says:

    Assalamu’alaikum…
    Saya punya adik, dia di MA. Saya kemarin baru saja menjenguknya. Aturannya ketat sekali. Saya sampai kasihan ke adik saya yang sehari-hari di asrama, jarang ada waktu keluar (tidak accesible). Ada batasan gk buat menjenguk dan mengajak main keluar ? misal sebulan sekali atau gimana. terimakasih mas moderator yang kocak.

  33. Mardhiyan Novita El-Munqidza Says:

    aslkm… saya mhsswi baru UGM.. dlu brskolah d sbuah jurusan timur tengah… ingin mlnjutkan ngafal qur’an… bsa msuk yg khusus utk mghfal qur’annya?? bgaimna info slnjutnya?? syukran.

    • Tri Yugo Winarko Says:

      ada khusus ponpes hafidzoh dikomplek 2, Jl. kali urang Km. 12,5, Sleman, Yogyakarta…
      langsung ke TKP aja mba…

  34. Rinda Says:

    Assalamualaikum. Afwan, mau tanya…
    Saya rinda, mahasiswi semester 5 UNY. Sebenernya sejak awal masuk kuliah itu saya pengen nyantri, tapi saya belum berani mengungkapkannya pada orang tua. Ya, dari keluarga besar keturunan simbah buyut saya, belum pernah ada yang nyantri, bahkan yang berjilbab pun bisa dihitung. Lalu saya putuskan untuk ngekos biasa, dan bergabung dengan organisasi islam kampus. Sayang, hausnya saya akan ilmu agama harus berakhir ketika saya menginjak semester 3. Orang tua saya melarang saya mengikuti organisasi itu lagi, dengan berbagai alasan. (Maklum, orang jawa). Dan sekarang, bulan ramadhan ini, saya benar2 mendamba indahnya ukhuwah dengan berjuta ilma agama Allah. Memang, beberapa saat ini saya meluangkan waktu untuk menemani adik2 TPA di masjid dekat rumah, namun saya merasa ilmu saya masih terlalu dangkal. Sedangkan jika tidak ditemani, mereka hanya akan bermain2 dan tak mau TPA, tak ada “orang tua” atau yang “berilmu” yang meluangkan waktu untuk membersamai mereka. Saya merasa bersalah..
    Untuk itu, saya ingin tinggal di pesantren… Hanya saja, bagaimana harus meminta ijin orang tua…

    mohon saran…
    Jzkllah..
    Wassalamualaikum..

  35. Alvienzz Cahzolo Says:

    mas eo mbok d bicarakan sma pihak pondok , diadakan jam bebas..jumat ja gak boLeh kLuar aaahh sumpeek mas d asRama truz…

  36. ifaal Says:

    mas ni ifaal sya alumni Mts dri PPSPA sya mau nanya msh ada ga guru sya yg namanya kang sutrisno tolong di blz ya oh ia slamin jga buat bpk ustd mutasim bilah ya kang punten yo

  37. yusron Says:

    assalamu ‘alaikum..
    kang sutris wes rabi tho jon?
    koq aq ga ngerti kabare pondok seng sa’iki ki..

  38. samsiatun mudzkhiyah Says:

    Assalamu’alaikum,
    saya mahasiswa UGM, akan menanyakan beberapa hal, yang pondok untuk mahasiswa itu khusus bagi yang sudah pernah mondok sebelumnya atau gimana? bagaimana cara pendaftaranya?

    • Tri Yugo Winarko Says:

      untuk pesantren mahasiswa baik yang sudah pernah mondok maupun belum pernah bisa tinggal di komplek 5, atau bisa menghubungi Pak Zahron (081327465029)

  39. Nurcholis Says:

    makasih

  40. Haris Syamsuddin Says:

    Assalamu’alaikum…….. Ya Allah, Semoga suatu saat Nanti Saya Bisa berkunjung Ke Pondok Pesantren Sunan Pandanaran….. Hamba Memohon kepadaMU Ya Robby….
    Saya Doakan, Semoga PPSPA semakin berkembang dan maju… dan Saya Yakin, Pasti selalu Maju…
    Terima Kasih Untuk semua dewan Kiyai, Dewan Pengurus PPSPA…
    Semoga Allah meridhoi dan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT…
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin Ya Robb

  41. lathifah Says:

    asskum….apa saya bisa minta no pondok yg bisa di hubungi? terutama pondok putri.makasih

  42. Sadiyah Says:

    Mudahan ketika putri saya nanti lulus dari sini, dia akan menjadi penyampai risalah, penegak kebenaran begitu pula dengan santri yang lainnya. Amin

  43. helmy Says:

    saya bapak usia 49th tinggal di Bali ingin informasi belajar di pondok untuk lansia berapa lama dan berapa biayanya selama ikut dipondok, berapa nomer HP yang bissa saya hubungi,terima kasih atas bantuannya.

  44. een alulmni 1991 Says:

    Assalaamualaikum …….. Alahamdulillah bs silaturahmi dgn keluarga besar PPSPA, lumayan sedikit ngobatin kangen….. Rindu ketika ingat ngaji dgn ibu (panggilan para santri utk ibu yai) sampai 3 hari sy baru bisa melafalkan kalimah Bismillahirrahmaanirrahiim dgn benar…… kangen slentikan bapak (panggilan para santri utk bapak kyai muhfid) di kening ketika kita salah membaca Quran….. salam untuk adik2 di PPSPA ……. mohon iformasinya…….. kl dulu ada istilah anak sekolah luar, untuk para santri yang sekolah umum di luar pondok ( SMAN, SMPN, UGM, UII dll ). apakah sampai sekarang PPSPA masih menerima santri yng bisa sekolah di luar ponpes????

  45. Mukhlis Choir Says:

    assalamualaikum ane mukhlis dari jkt selatan ane prnah mondok di di ppspa tahun 1993 ane dah lama kehilangan komunikasi toong dong yg punya alamat / no telp rekan2 yg angkatan 1993 diniyah ppspa

  46. maunah Says:

    assalamu’alaikum,,,,
    saya lagi bingung cari pndok tahfidz,,d mna ya???
    mau tnya,,sistem mnghafal’y gmn?? biasa’y santri d situ brp lma ngfalin AlQur’an,,?
    syukronn…

  47. sigit sutopo Says:

    Assalamu’alaikum… Mas Tri. Mohon infonya tentang penerimaan santriwati untuk smp/mts tahun pelajaran 2012-2013 karena rencana saya mau masukkan putri saya ke sana dengan satu orang temannya juga. O. iya mas saya dari lombok. Tapi aslinya juga orang juga. Wassalam.

  48. sigit sutopo Says:

    Assalamu’alaikum… Mas Tri. Mohon infonya tentang penerimaan santriwati untuk smp/mts tahun pelajaran 2012-2013 karena rencana saya mau masukkan putri saya ke sana dengan satu orang temannya juga. O. iya mas, saya dari Lombok. Tapi aslinya juga orang jogja cuma sekarang tinggal di Lombok. Wassalam.

  49. anisfah0331 Says:

    Reblogged this on anisfah and commented:
    pondok pesantren sunan pandan aran

  50. iqma Says:

    Alhmdllh saya sudah daftar di PPSPA,semoga saya disana bisa menuntut ilmu yg bermanfaat.amin,..

  51. samia hasan Says:

    Assalaamualaikum………………………..
    sya mau nnya klo yg ikut ngaji tahfidz itu bisa ikut sekolah juga gak????
    mksih atas jwabannya…

  52. fulanah Says:

    assalamu ‘alaikum…….
    sya mau tanya, kalo ingin mondok di sunan pandanaran kuliahnya bisa dimana ya?????

    • Tri Yugo Winarko Says:

      bisa dimana saja, yang penting tinggalnya di Pon. Pes. Sunan Pandanaran.
      terimakasih.

  53. Indah Istianah Says:

    assalamu’alaikum wr.wb…
    saya calon santri ponpes sunan pandanaran, mts, mau tanya..
    libur bulan ramadhan.a tanggal berapa?..
    tolong di balas..
    wassalamu’alaikum…wr.wb

  54. wildan Says:

    masuknya mts sunan pandanaran tahun 2012/2013 kapan, santri baru datang ke asramanya kapan

  55. sista ayu Says:

    ehhmmm…. saia tuh amat sangat tertarik dg STAISPA-nya… nah… saia khan org awam *belum pernah mondok… tapi keinginan saia besar bgt unt bisa kul.di STAISPA… tapi kok materi test-nya ituh ya… cocoknya unt alumni pondok.. ? kalo di buka unt umum kayaknya bnyk yg tdk memenuhi syarat dah… heheheh…

  56. Muhammad Said Says:

    mas tolong dong alumni mts spa angkatan i995 tlong minta alamat emailnya siapa aj deh yang alumni

  57. yesica oktavia Says:

    ass…
    saya alumni PPSPA walau cma satu stengah tahun.hahaha..tapi saya bangga sama teman2 yang udah betah di pondok..trus saya mau nanya.hasil UN tahun 2012-2013 gk di masukin ke internet yaaa??saya penasaran sama nilai UN mts angkatan 24.tolong di perlihatkan di internet yaaand salam buat tman2 q smuanya

  58. Dima Says:

    Sy maba di uii. .
    Sy ingn msk di ppsp, ap persaratannya n biaya masuk n hdp dsna?
    Mhn pjelasan. .dan sy mw add fbx tp g ktm

  59. Ade Mariatul Hilwani Says:

    Assalmu’alaikum..
    salam ukhwah…
    saya ade, dri IIQ (Institut Ilmu Al Qur’an) Jakarta,

    ada niat, insyALLAH stelah wisuda mw tabarukan k pandanaran, insyALLAH kl g da hlangan d blan oktober, mw bertanya..kra2 bsa g kl yg tabarukan itu hanya 1 thun??n kl msuk oktober kr2 boleh g ikutan khotmil qur’an dblan sya’ban thun depan?
    jazakALLAH atas jawabnny..

  60. Gani Says:

    Mas Minta Nomor Yang Bisa di hub untuk Konfirmasi Masalah Tatib Wali Santri >>> PP. Gani.

  61. Alfi Says:

    mas, mau tanya disini ada pondok pesantren untuk anak usia SD nda? bisa minta contact personnya dan nomor yang bisa dihubungi? makasi

  62. Dany Says:

    Mas,mau nanya.adik sy ini baru kelas 6 SD.tp kalo di sekolah yg lama.dia ga mau sekolah.karena terpengaruh sm lingkungan. klo misal saya masukkan di Ponpes Sunan Pandanaran.bisa gak ya???

  63. nana Says:

    Asslm,mau tanya perihal asrama Pondok Pesantren untuk MTs, satu kamar brp orang? n satu kelas di sekolah brp orang?
    maturnuwun

  64. Rita Amrina Says:

    Assalamualaikum
    Saya kelas 3SMA di jakarta saat ini,insya Allah punya rencana lulus akan kuliah ke yogyakarta dan masuk ponpes pandanaran. Karna saya punya cita cita tertinggi ingin sekalai menjadi seorang hafidzah sebelum maut menghampiri. Yang saya pertanyakan,Apakah dunia kuliah saya nanti tidak akan bentrok dengan di ponpes?

  65. Ria Says:

    Assalamu’alaikum,
    Mau tanya nih, kalau mondok d sana sambil kuliah nd kerja boleh ga??

  66. mrs jarwo Says:

    Assalamualaikum…
    Kami ortu siswa Metasari Tiara A kelas 1 mts kamar S Alhamdulillah kami bersyukur putri kami bisa mondok di PPSPA tapi yg membuat kami sedih akhir2 ini putri kami selalu murung bahkan sempat menangis minta pindah ternyata pokok permasalahan merasa kurang nyaman di asrama karena antar teman sekamar untuk kegiatan sehari2 saling (iren.Jw).Mhn maaf bukanya kami mau intervensi tapi hanya sekedar saran seandainya satu kamar terdiri dari berbagai tingkat kelas Insya Allah ada bbrp keuntungan diantaranya kakak senior akan malu berbuat salah sedang adik yunior merasa nyaman merasa ada yg melindungi sekaligus sbg pengganti ortu di rumah, krn kami pernah punya pengalaman menjadi pembina di AAL,AKMIL dan SMA TN bahkan putri teman kami yg mondok di pesantren Bina Umat sebelumnya tdk kerasan setelah sistem asrama dirobah anak tsb sangat kerasan. Semua itu kami sampaikan krn kami sangat mengharap putri kami dapat menyelesaikan syukur2 dilanjut sampai MA atau bahkan sampai jenjang lebih lanjut. kami hanya turut mendoakan smg PPSPA semakin jaya untuk mencetak kader2 pemimpin bangsa yg berakhlak mulia Wass…

  67. mr. jarwo Says:

    Assalamualaikum…
    Kami ortu siswa Metasari Tiara A kelas 1 mts kamar S Alhamdulillah kami bersyukur putri kami bisa mondok di PPSPA tapi yg membuat kami sedih akhir2 ini putri kami selalu murung bahkan sempat menangis minta pindah ternyata pokok permasalahan merasa kurang nyaman di asrama karena antar teman sekamar untuk kegiatan sehari2 saling (iren.Jw).Mhn maaf bukanya kami mau intervensi tapi hanya sekedar saran seandainya satu kamar terdiri dari berbagai tingkat kelas Insya Allah ada bbrp keuntungan diantaranya kakak senior akan malu berbuat salah sedang adik yunior merasa nyaman merasa ada yg melindungi sekaligus sbg pengganti ortu di rumah, krn kami pernah punya pengalaman menjadi pembina di AAL,AKMIL dan SMA TN bahkan putri teman kami yg mondok di pesantren Bina Umat sebelumnya tdk kerasan setelah sistem asrama dirobah anak tsb sangat kerasan. Semua itu kami sampaikan krn kami sangat mengharap putri kami dapat menyelesaikan syukur2 dilanjut sampai MA atau bahkan sampai jenjang lebih lanjut. kami hanya turut mendoakan smg PPSPA semakin jaya untuk mencetak kader2 pemimpin bangsa yg berakhlak mulia Wass…

  68. Dhimas Wibisono Says:

    assalamualaikum …
    saya orang tua dari santri putra ponpes sunan pandanaran ingin menyampaikan hal yang sangat penting dan hati saya sangat sedih mendengarnya.saat ini saya bekerja di korea selatan,sudah 4 tahun demi menyekolahkan anak saya menjadi manusia yg berakhlak mulia dan berbudi pekerti yg luhur.saat ini anak saya sudah kelas 2 MTs sunan pandanaran dan di sini saya ingin menyampaikan tindak lanjut mengenai KEKERASAN yg sudah menimpa anak saya.
    nama orang tua : warsito
    umur : 38 th
    alamat rumah : sleman yogyakarta
    alamat pekerjaan: jollanamdo korea selatan
    nama santri : bagus wicaksono
    pada hari selasa tgl 21 mei 2013 jam 13.00 wib telah terjadi pemukulan di wajah sebelah kanan yg di lakukan oleh pengurus pondok atas nama : LUTFI MAULANA.dan peristiwa ini terjadi di dalam kamar 39 adapun saksi dari peristiwa ini adalah : subhan salas al-farus [ asal lampung ]
    istri dan adik ipar saya sudah melaporkan hal ini ke ponpes sunan pandanaran dan sudah bertemu dengan kyai serta pengurus pondok.namun sampai detik ini si pelaku pemukulan belum meminta maaf kepada kami sebagai orang tua santri,tolong pak kyai tindak tegas dan usut secara tuntas peristiwa di atas karena hal ini tidak di benarkan di negara kita dan sudah melanggar Undang-undang.kiranya ini saja yg bisa saya sampaikan,bila ada kata-kata saya yg kurang sopan dan kurang berkenan saya mohon maaf yg sebesar-besarnya.
    wassalam …

  69. Arief ketap Says:

    Apa aja persyaratan nya?
    Bsok aku mo ke situ…

  70. Aldo Says:

    mau nanya, kalau kuliah sambil nyantri di ponpes sunan pandanaran bisa gak ? makasih

  71. elenks Says:

    saya pernah sekolah di MASPA

  72. san 3 Says:

    assalamualaikum wr wb.
    saya bingung dgn sekarang ini,kata hati saya,saya ingin sekolah di ponpes masjid agung surakarta,tapi saya di suruh masuk ke ponpes sunan pandanaran oleh ortu saya.mungkin saya ikut ortu saya karna sya tau,plihan ortu itu psti yg terbaik .klo boleh tau di situ ngafal qur’annya ada atw tdk dn klo ada wajib hafal tdk?
    kemudian sekolahnya formal diluar atau di dalam ponpes?

  73. april Says:

    Bisa saya minta alamat emailnya utk tanya2 lebih jauh?

  74. Hasbiyal furqon Says:

    Mas numpang tanya, tes pendaftaran di pondok pesantren sunan pandanaran apa ya???

  75. rani syarifah Says:

    mas, numpang tanya kalo jumlah santri baru yang di terima berapa ya? buat MA nya

  76. yuli prianti Says:

    saya yuli, pengen masuk pondok ini, kira2 bisa enggk iya ?

  77. yuli prianti Says:

    bisa enggak sih ?
    bingung nie , tkut tinggal di kost at kontrakan .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: